Sebagai seorang pelajar, sudah sepatutnya kita untuk belajar dan menuntut ilmu. Not only student, but everyone need to study. Tapi pernah gasih kamu ngerasa ‘aku nih udah belajar tapi kok kayaknya ga ada hal yang masuk ke otakku ya’ atau kamu ngerasa susah banget untuk menyerap materi yang sedang kalian pelajari. Itu berarti cara belajar kamu ada yang salah, atau kurang efektif dan efisien.

Kali ini aku bakal memberitahumu bagaimana sih belajar yang efisien supaya materi bener-bener masuk dan teringat di otak kita. Yuk, disimak dulu ya!

1. Atur Jadwal Belajar

Yang pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengatur jadwal belajar atau membuat plan kapan kamu harus belajar. Dengan adanya jadwal, kamu akan lebih terpatok untuk fokus belajar. Misal, kamu udah menjadwalkan dalam sehari kalian harus belajar selama 3 jam, mulai dari jam 7 malam sampai jam 9. Jadi ketika waktunya sudah datang kamu bisa fokus belajar. Jangan lupa untuk mengambil istirahat 5-10 menit ya, jangan push diri kamu untuk terus-menerus belajar selama tiga jam itu, karena percuma saja jika begitu otakmu tidak bekerja secara maksimal.

2. Menerapkan Teknik Pomodoro

Untuk lebih meningkatkan konsentrasi kalian saat belajar, cobalah gunakan teknik pomodoro. Apa itu teknik pomodoro? Teknik pomodoro merupakan salah satu metode belajar yang berlandaskan menejemen waktu. Jadi kamu harus fokus dalam selang waktu. Aturlah timer 25 menit, lalu setelah itu istirahatlah selama 5 menit, lalu ulang kembali aktivitas itu sampai 4 kali. Setelah timer berbunyi 4 kali, barulah kamu boleh mengambil waktu istirahat lebih lama sekitar 15-30 menit. Dengan cara ini kamu bisa lebih fokus dalam belajar karena kamu diberikan waktu beristirahat untuk menghilangkan rasa pusing ketika belajar.

3. Membuat Rangkuman

Membuat rangkuman dari hasil belajarmu juga merupakan cara yang efisien. Dengan mencatat poin-poin penting dari materi tersebut, kamu akan lebih mudah mengingat apa yang telah kamu pelajari. Selain itu, ketika kamu merangkum itu juga udah termasuk mereview apa yang telah kamu pelajari, dengan begitu kamu juga akan lebih mudah untuk menghafal materi yang sedang kamu pelajari. Saran supaya lebih enak, buatlah rangkuman dengan menggunakan kalimatmu sendiri, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengingatnya,

4. Mengulang Kembali Materi yang Telah Dipelajari

Cara efisien selanjutnya adalah mereview ulang apa yang telah kamu pelajari. Semisal, saat disekolah kamu belajar tentang materi ‘A’ lalu di malam hari ketika kamu sedang di rumah kamu perlu mereview kembali materi ‘A’ yang telah kamu pelajari tadi. Jangan hanya sekali saja ya, tapi berulang-ulang. Dengan mereview berkali-kali kamu akan lebih mudah mengingat materi tersebut, karena apa yang telah dilakukan berulang-ulang akan gampang diingat.

5. Membuat Singkatan yang Mudah Diingat

Pasti ada beberapa materi yang susah di hafal, apalagi yang berpoin-poin. Maka dari itu, untuk mempermudah menghafal materinya kamu perlu membuat singkatan yang mudah kamu ingat. Contohnya, kamu diperintahkan untuk menghafal tabel periodik sedangkan di dalam tabel periodik banyak sekali unsur dan kalian harus menghafal sesuai periode dan golongannya, untuk mempermudah cobalah buat singkatan dari satu golongan itu. Golongan II A terdiri dari Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra, supaya cepat hafal buat singkatan dari unsur-unsur itu seperti ‘Beli Mangga Campur Sirup Banyak Rasa’ dengan begitu kamu akan lebih mudah menghafalnya.

6. Perbanyak Latihan Soal

Selain menghafal, kamu juga perlu untuk mengasah otakmu dengan mengerjakan latihan soal. Dengan mengerjakan latihan soal kamu bisa melatih ingatanmu tentang materi yang telah kamu pelajari. Latihan soal juga bertujuan supaya kamu juga terbiasa dengan soal-soal yang ada, jadi ketika ada ujian kamu tidak akan kaget dengan pertanyaannya. Cobalah latihan soal yang gampang terlebih dahulu, jika sudah merasa cukup barulah coba mengerjakan latihan soal yang sukar.

7. Pahami Bukan Menghafal

last but not least adalah pahami bukan menghafal. Jadi ketika kamu sedang belajar jangan cuma asal menghafal materi tapi cobalah untuk pahami bagaimana konsepnya. Sehingga ketika kamu dihadapkan dengan soal penalaran, kamu tidak akan bingung untuk mengerjakannya karena kamu paham materi yang telah kamu pelajari seperti apa. Dengan memahami juga kamu akan lebih lama mengingat materi yang kamu pelajari itu jadi ga akan sia-sia deh ilmunya.

Kira-kira itu dia cara yang efisien untuk belajar. Kuncinya kamu harus bener-bener niat untuk belajar dan jangan menyerah di tengah jalan. Karena jika diawal saja kamu sudah tidak niat makan kamu tidak akan mendapatkan apapun sampai akhir.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments